Rabu, 27 November 2013

Cara membuat pupuk organik untuk home garden

haii elOvers ,,,,ini dia cara untuk membuat pupuk Organik yang digunakan untuk Home Garden,,,,
semoga bermanfaat ya,,

Membuat kompos sendiri adalah hal dasar yang harus difahami bagi yang hobi berkebun sayur atau bunga secara organic di kebun atau halaman rumah. Kompos bermanfaat sebagai pengganti urea dan pupuk kimia lain yang bisa merusak lingkungan.
Berikut ada cara mudah membuat pupuk organic dengan bahan-bahan dari sisa rumah tangga.

1. Supaya halaman rumah jadi tidak rusak pemandangannya sebaiknya terlebih dahulu disiapkan terlebih dahulu tempat pembuatan kompos, bisa dari kotak kayu atau hanya tanah kosong yang nantinya akan diletakkan bahan kompos dan ditutupi dengan karung atau plastik.
2. Bahan-bahan yang disiapkan sebagai bahan utama pembuatan compost adalah semua sisa organic dari dapur sebagai sumber Nitrogen (semua yang berwarna hijau) misalnya sisa sayuran dan buah, yang perlu diperhatikan ada beberapa bahan yg sebaiknya tidak digunakan misalnya bawang dan bumbu-bumbu dapur lain.
3. Bahan lainnya adalah sebagai sumber Carbon (semua yg berwarna coklat) misalnya kulit kacang, kulit telur, ranting pohon atau bisa juga dipakai koran hitam putih. Tapi jangan pake coklat (chocolate) karna ntar bisa bangkrut.
4. Masukkan semua bahan tadi ke kotak atau ditempat yang telah disediakan. Yang perlu diperhatikan adalah komposisi campuran nitrogen carbon, sebaiknya gunakan campuran 1:4 (1 nitrogen : 4 carbon) ini untuk menjaga agar kompos tidak terlalu basah dan tidak menimbulkan bau yang tidak sedap.
5. Untuk membuat kompos dibutuhkan mikroba sebagai pekerjanya. Mikroba ini bisa didapat dari produk yang telah disediakan misalnya EM-4 (bisa didapat di kios pertanian harganya sekitar 20 ribu per 1 liter), caranya ambil 3 sendok makan EM-4 masukkan dalam 1 ember air dan tambahkan 5 sendok gula pasir dan aduk rata. Sebarkan cairan ini kedalam kompos hingga rata. Dengan cara ini kompos akan siap dipake dalam waktu 1 minggu
6. Bila susah mendapatkan produk tadi, mikroba bisa didapat dengan menggunakan tanah berwarna hitam (didalam tanah terdapat jutaan mikroba) sebaiknya berasal dari tanah yang subur. Sebarkan tanah ke bahan-bahan kompos tadi hingga rata. Dengan cara ini butuh waktu lebih lama hingga kompos siap pake sekitar 1-2 bulan.
7. Setelah semua bahan siap, tumpukan ini kemudian ditutup rata untuk menghindari panas dan hujan. Setiap 2 hari tumpukan dilihat dan disiram sedikit air dan yakinkan bahwa tumpukan bahan2 ini tidak kering (mikroba akan mati kalo kekeringan) atau tetap dalam kondisi lembab.
8. Untuk metode kompos pake tanah, bahan-bahan kompos bisa ditambahkan sedikit demi sedikit tiap harinya, sedangkan metode EM-4 sebaiknya bahannya tidak ditambah lagi.
9. Kompos yang telah siap bisa langsung digunakan atau disimpan ditempat yang terlindung panas dan hujan. Selamat berkebun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar